Find Us On Social Media :

Contoh Perilaku Baik dalam Memberi Dukungan pada Pemerintah demi Menyelesaikan Sengketa Batas Wilayah

Adanya sengketa batas wilayah negara menandakan bahwa batas wilayah memiliki peran penting.

GridKids.id - Materi yang dibahas dalam buku Kurikulum Merdeka PPKn kelas X SMA unit 3 adalah sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia.

Setelah mempelajari materi penyebab dan akar sejarah terjadinya sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia, kita akan menjawab pertanyaan dari uji pemahaman.

Nah, GridKids akan menjawab pertanyaan tentang contoh perilaku yang memberi dukungan pemerintah demi menyelesaikan sengketa batas wilayah.

Melansir dari kemdikbud.go.id, perjanjian damai antara Indonesia dan Malaysia dalam kasus sengketa batas wilayah ini sebenarnya memiliki akar sejarah yang melibatkan negara lain sejak masa kolonialisme.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sengketa adalah sesuatu yang menyebabkan perbedaan pendapat atau pertengkaran.

Sementara wilayah diartikan sebagai daerah atau kekuasaan, pemerintah, pengawasan, dan sebagainya.

Oleh karena itulah sengketa wilayah merupakan perselisihan atau ketidaksepakatan atas pemilikan atau kendali atas daerah di antara dua atau lebih negara.

Sengketa batas wilayah sering kali muncul diawali oleh perbedaan pandangan antarnegara yang berkaitan dengan garis pembatas teritorial masing-masing negara.

Adanya sengketa batas wilayah negara menandakan bahwa batas wilayah memiliki peran penting.

Batas wilayah negara menyangkut pertahanan dan keamanan suatu negara, sosial, ekonomi, dan budaya.

Tahukah kamu? Sebelum masa Indonesia dan Malaysia merdeka terdapat Traktat London yaitu hukum internasional yang digunakan kedua negara dalam menentukan batas wilayah di Pulau Kalimantan.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan PPKn Kelas X SMA: Apa yang Menyebabkan Terjadinya Sengketa Batas Wilayah?