Find Us On Social Media :

Hari Gizi Nasional 25 Januari 2023: Kenapa Kita Harus Makan Makanan Bergizi?

Makanan bergizi penting dikonsumsi setiap hari untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

GridKids.id - 25 Januari hari ini diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-63.

Peringatan Hari Gizi Nasional merupakan sejarah panjang perkembangan gizi di Indonesia yang sudah dimulai sejak era 1950-an.

Ketika itu, Menteri Kesehatan Indonesia Dr. J. Leimena yang disebut sebagai Bapak Gizi Indonesia mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau Instituut Voor Volksvoeding (IVV).

Hari Gizi Nasional berawal dari momentum pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada 25 Januari 1951.

Sejak momentum itu pendidikan tenaga gizi mulai berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia sehingga 25 Januari ditetapkan sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Peringatan Hari Gizi Nasional diselenggarakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) di pertengahan 1960-an.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, tema Hari Gizi Nasional (HGN) 2023 tahun ini adalah "Protein Hewani Cegah Stunting".

Makna tema HGN 2023 tahun ini menjadi sebuah ajakan pada masyarakat untuk mencegah stunting pada pertumbuhan anak-anak.

Dilansir dari laman yankes.kemkes.go.id, World Health Organization (WHO) melihat stunting sebagai gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya di bawah standar umumnya.

Ajakan untuk mencegah stunting pada anak-anak bisa membantu mewujudkan generasi penerus bangsa yang tumbuh dengan sehat dan kuat.

Lalu, kenapa sih kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi setiap hari?

Baca Juga: Tak Hanya Sayur dan Buah, Berikut 6 Asupan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari