Find Us On Social Media :

Sistem Pernapasan: Merokok dan Bahayanya untuk Tubuh, Materi IPA Kelas 8 SMP

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang umum ditemukan di tengah masyarakat. Kebiasaan ini merugikan kesehatan jangka panjang bagi orang yang melakukannya.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 masih membahas tentang Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 69-70 membahas tentang bahaya merokok bagi kesehatan tubuh.

Rokok adalah sebuah hal yang umum ditemukan di tengah masyarakat, bahkan sudah banyak remaja yang mulai melakukan kebiasaan merugikan kesehatan yang satu ini.

Meski enggak langsung dirasakan dampaknya, kebiasaan merokok bisa menyebabkan efek buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Menurut World Health Organization (WHO), kebiasaan merokok bagi remaja bisa memicu beberapa efek merugikan salah satunya risiko penyakit jantung dan stroke.

Berdasar data dari Riset Kesehatan Dasar, anak-anak remaja yang punya kebiasaan merokok terus meningkat dari tahun ke tahun.

Fakta ini diketahui sangat mencemaskan mengingat para remaja merupakan generasi yang diharapkan bisa membangun dan mewujudkan cita-cita pembangunan bangsa.

Tahukah kamu bahwa di dalam rokok terkandung berbagai zat-zat bahaya bagi kesehatan?

Zat-zat dalam rokok tersebut bisa merusak sistem pernapasan orang yang menghisapnya.

Dalam sekali hisap ada sekitar 4.000 zat kimia berbahaya, 400 zat berbahaya, hingga 43 zat penyebab kanker atau zat bersifat karsinogenik.

Lalu, apa sajakah zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok?

Baca Juga: Mengenal HEPA Filter, Pembersih Udara yang Bisa Mengurangi Paparan COVID-19 di Ruangan