Find Us On Social Media :

Begini Dampak Negatif Binge Watching, Benarkah Sebabkan Penurunan Fungsi Otak?

Binge watching banyak dilakukan seiring perkembangan layanan streaming series online saat ini, apa saja efek buruknya bagi kesehatan?

GridKids.id - Binge watching merupakan kegiatan menonton serial atau series secara non-stop untuk mengisi waktu luang atau memanfaatkan hari libur.

Secara etimologis, 'binge' berarti sebuah kegiatan yang dilakukan secara berlebihan, sedangkan 'watching' berarti menonton.

Fenomena binge watching dipandang sebagai bentuk kecanduan menonton tayangan atau serial sampai lupa waktu dan mengabaikan aktivitas harian yang harus dilakukan, salah satunya tidur atau beristirahat.

Meski terlihat sepele dan umum dilakukan oleh banyak orang semasa pandemi, kebiasaan ini sebenarnya membawa dampak buruk bagi kesehatan mental, lo.

Banyak orang yang sangat menggilai tayangan atau series tertentu sampai rela meluangkan waktu untuk menonton beberapa episodenya sekaligus meski harus begadang atau tidur larut.

Kebiasaan binge watching secara ilmiah bisa dijelaskan dan berkaitan dengan hormon bahagia yang dirasakan seseorang ketika serial atau series kesukaannya dirilis dan bisa ditonton.

Salah satu hormon bahagia yang dihasilkan oleh kegiatan binge watching ini adalah efek dopamine yang dihasilkan otak.

Hormon dopamine adalah zat kimia yang mendorong perasaan senang, gembira, dan bahagia.

Pelepasan dopamin membantu perasaan seseorang jadi lebih baik dan riang, efeknya disebut hampir mirip dengan efek yang ditimbulkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu.

Ternyata, binge watching adalah asupan yang menyenangkan bagi otak manusia dan bisa berdampak pada perasaan seseorang.

Hal inilah yang mendorong seseorang bisa sangat bersemangat menonton belasan hingga puluhan episode film atau series kesukaannya sampai lupa waktu.

Baca Juga: Banyak Dilakukan Selama Pandemi, Benarkah Binge Watching Berdampak bagi Kesehatan?