Find Us On Social Media :

Sistem Pernapasan Manusia: Struktur dan Organnya, IPA Kelas 8 SMP

Sistem pernapasan dalam tubuh manusia memiliki struktur tertentu yang terdiri dari organ-organ dengan fungsinya masing-masing.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP masih dalam pembahasan Bab 2 tentang struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 65-67 menjelaskan tentang sistem pernapasan beserta fungsi dan struktur organ pernapasannya.

Melansir dari laman alodokter.com, sistem pernapasan adalah sekumpulan organ yang terlibat dalam proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah.

Tubuh manusia memerlukan oksigen untuk melakukan respirasi seluler.

Proses respirasi ini prosesnya terjadi dalam sel ketika glukosa dari makanan yang kalian makan dipecah dengan bantuan oksigen sehingga menghasilkan energi.

Selama proses respirasi seluler, karbondioksida dan air akan menjadi sisa hasil respirasi yang dibuang ketika kita menghembuskan napas.

Nah, energi yang dihasilkan akan dipergunakan untuk beraktivitas sehari-hari, mulai dari berjalan, berlari, hingga bicara.

Ketika manusia bernapas, maka udara yang dihirup enggak jarang bercampur dengan debu, asap, bahkan virus juga bakteri penyebab penyakit.

Udara yang kita hirup akan masuk dalam tubuh melalui hidung, faring, laring, trakea, lalu ke bronkus dan berakhir di paru-paru.

Berikutnya kamu akan diajak melihat struktur dan organ pernapasan beserta fungsinya bagi jalannya pernapasan dalam tubuhmu, apa saja, ya?

Struktur dan Organ Pernapasan

1. Hidung

Udara yang masuk dalam tubuh melalui hidung dan mulut.

Baca Juga: Organ Sistem Pernapasan Atas Dalam Tubuh Manusia, Biologi Kelas 8 SMP