Find Us On Social Media :

Sistem Peredaran Darah: Struktur dan Fungsi Organnya, IPA Kelas 8 SMP

Sistem peredaran darah merupakan sebuah sistem yang menjamin keberlangsungan hidup manusia. Seperti apa struktur dan fungsi organnya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 tentang Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 54-61 membahas tentang sistem peredaran darah.

Sistem peredaran darah dalam tubuh manusia merupakan sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke sel dan dari sel.

Sistem inilah yang menjamin kelangsungan hidup organisme sehingga kali ini kamu akan diajak mengenal struktur sistem peredaran darah dan fungsi organ-organnya.

Struktur dan Fungsi Organ-Organnya

1. Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah.

Tanpa jantung maka darah akan berhenti beredar, nutrisi dari makanan yang kamu makan juga enggak akan bisa diedarkan ke seluruh tubuh.

Jantung manusia terdiri dari empat ruang, yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel).

Serambi atau atrium jantung berfungsi menerima darah ke dalam jantung, sedangkan bilik atau ventrikel berfungsi memompa darah keluar dari jantung.

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah berfungsi mengantarkan darah ke seluruh tubuh dan dibagi jadi tiga bagian, yaitu arteri, vena, hingga kapiler.

Arteri adalah pembuluh darah besar yang tebal dan berotot dan berfungsi untuk membawa darah keluar dari jantung ke seluruh tubuh.

Vena adalah pembuluh darah besar tapi tipis yang berfungsi membawa darah dari tubuh kembali lagi ke jantung.

Baca Juga: Fungsi Organ-Organ Pencernaan dalam Tubuh, Materi IPA Kelas 8 SMP