Find Us On Social Media :

Tak Hanya Sun Wukong, Inilah 7 Sosok Terkenal dalam Mitologi Tiongkok

Mitologi Tiongkok adalah salah satu mitologi tertua yang dipercaya yang sudah diceritakan secara lisan sejak berabad-abad sebelum Masehi.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang mitologi Aborigin, suku asli yang mendiami benua Australia.

Kali ini kamu akan diajak kembali menelusuri salah satu mitologi dunia, yaitu mitologi Tiongkok atau mitologi Cina.

Mitologi Tiongkok merupakan kumpulan sejarah, cerita rakyat, kepercayaan yang diturunkan secara turun-temurun oleh leluhur orang Tiongkok.

Mitologi ini lalu berkembang menjadi kepercayaan tradisional orang Tionghoa setelah memperoleh pengaruh ajaran Taoisme, Buddha, dan Konfusius.

Sejarawan menduga mitologi Tiongkok sudah ada sejak abad ke-12 SM dan diturunkan secara lisan lebih dari ribuan tahun sebelum akhirnya dicatat dalam buku-buku pada era Dinasti Wei Utara dan Dinasti Jin (sekitar 220-420 M).

Kisah-kisah mitologi Tiongkok banyak tercatat dalam sumber tertulis atau literatur, di antaranya adalah:

1. Salah satunya disebut Zhiguai berupa anekdot atau cerpen umat Buddha dan Tao yang berisikan ajaran agama.

Dalam Zhiguai juga berisikan kisah-kisah tentang kejadian aneh yang enggak rasional berkaitan tentang sosok dewa-dewi orang Tiongkok.

2. Shan Hai Jing: catatan tentang kekayaan alam, geografi, fiksi, mitologi, ritual dan pengobatan Tiongkok kuno sebelum era Dinasti Qin.

3. Shui Jing Zhu: catatan geografi perairan Tiongkok yang di dalamnya terkandung kisah-kisah mitos dan legenda.

4. Liu Chao Qi Shu: Kumpulan novel pada era Dinasti Ming dan Dinasti Qing yang banyak membahas tentang makhluk-makhluk di luar manusia.

Baca Juga: 7 Sosok Dewa-Dewi dalam Mitologi Aborigin, Suku Asli yang Mendiami Australia