Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Bulan, Satelit Alami Bumi yang Bersinar di Langit Malam

Bulan adalah satelit alami Bumi yang bersinar di malam hari karena memancarkan sinar matahari.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang satelit buatan yang dikirim dari Bumi ke luar angkasa.

Nah, kali ini kamu akan diajak mengenal beberapa fakta menarik tentang satu-satunya satelit alami planet Bumi yang selalu menerangi malam-malam yang gelap ketika cuaca sedang cerah.

Selain menjadi satelit alami Bumi, bulan juga memiliki beberapa peranan penting bagi kehidupan di Bumi, salah satunya menentukan pergantian musim di Bumi.

Dilansir dari laman Space Facts, Bulan terbentuk sekitar 30-50 juta tahun setelah tata surya terbentuk, sedangkan bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu.

Hal ini membuat kelahiran dan terbentuknya Bumi dengan satelitnya punya selisih yang cukup dekat.

Ada teori yang dipercaya tapi masih diperdebatkan hingga saat ini bahwa suatu peristiwa tabrakan benda langit seukuran Mars dan Bumi jadi penyebab terbentuknya Bulan.

Ledakan materialnya yang tersisa dari peristiwa itulah yang akhirnya membentuk bulan sebagai satelit alami Bulan.

Gravitasi Bulan lebih kecil dan lemah daripada gravitasi Bumi, hal inilah yang membuat berat badan kita akan menyusut jika kita berada di sana.

Hal inilah yang membuat para astronot yang pergi ke bulan bisa terlihat melompat atau berjalan dengan sangat ringan ketika berada di permukaan Bulan.

Tak hanya punya gravitasi yang lebih rendah dari gravitasi Bumi, bulan diketahui enggak punya atmosfer dengan medan magnet yang sangat lemah.

Selanjutnya, kamu akan diajak untuk mengetahui beberapa fakta menarik tentang Bulan, satelit alami planet Bumi. Apa saja, ya?

Baca Juga: Tak Hanya di Malam Hari, Bagaimana Bulan Bisa Terlihat di Siang Hari?