Find Us On Social Media :

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya, Materi IPA Kelas 8 SMP Bab 1

Mikroskop cahaya sering dipergunakan untuk melakukan pengamatan ilmiah di laboratorium.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP Bab 1 masih membahas bab pengenalan sel.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 6-7, dibahas tentang bagian-bagian mikroskop cahaya.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah mengenal tentang mikroskop cahaya dan mikroskop elektron, nah kali ini kamu akan belajar lebih banyak tentang mikroskop cahaya, nih, Kids.

Mikroskop cahaya atau compound light microscope merupakan sebuah mikroskop yang menggunakan cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari.

Sebagaimana yang digunakan di mikroskop konvensional untuk mengamati sel-sel atau makhluk hidup yang enggak bisa dilihat hanya menggunakan mata biasa.

Dilansir dari laman alatlabor.com, mikroskop cahaya perlu tiga lensa untuk mendukung pengamatan, yaitu lensa obyektif, lensa okuler, dan kondensor.

Tiap lensa yang mendukung mikroskop cahaya punya fungsinya masing-masing, di antaranya:

- Lensa obyektif: membentuk bayangan pertama dan menentukan struktur dan bagian renik yang akan terlihat di bayangan akhir dan punya kemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga bisa bernilai "apertura".

- Lensa okuler: lensa mikroskop yang ada di bagian ujung atas tabung dan berdekatan dengan mata pengamat, fungsinya untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4-25 kali lebih besar.

- Lensa kondensor: lensa yang berfungsi untuk mendukung terciptanya pencahayaan di obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat akan diperoleh daya pisah maksimal.

Jika daya pisahnya kurang maksimal maka dua benda akan terlihat jadi satu dan pembesarannya jadi kurang optimal.

Baca Juga: Penemuan Mikroskop: Mikroskop Cahaya dan Mikroskop Elektron, BDR IPA Kelas 8 SMP