Find Us On Social Media :

Apakah yang Akan Terjadi Jika Asteroid Menabrak Planet Bumi?

Asteroid adalah objek langit yang berukuran lebih kecil dari planet dan mengorbit ke Matahari. Apa yang akan terjadi jika asteroid menabrak Bumi?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu membayangkan apa yang akan terjadi jika ada asteroid yang menabrak Bumi kita?

Tabrakan asteroid pernah terjadi puluhan juta tahun lalu dan menyebabkan dinosaurus yang kala itu menguasai daratan punah seketika.

Lalu, apakah jika pada masa sekarang tabrakan asteroid ke Bumi terjadi bisa menyebabkan hal yang sama pada umat manusia?

Asteroid merupakan objek langit berupa batu besar yang ukurannya lebih kecil dari planet dan mengorbit Matahari sebagai pusat Tata Surya.

Ada ribuan asteroid yang punya bentuk aneh di sabuk asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter dan terus bergerak mengitari Matahari dan sesekali melalui Bumi kita dengan jarak yang sangat dekat.

Meski memang sebagian besar asteroid akan hancur sebelum sampai melewati atmosfer Bumi.

Namun, tetap bisa muncul kekhawatiran tentang kemungkinan asteroid menabrak Bumi pada suatu masa nantinya.

Dilansir dari laman infoastronomy.org, berikut adalah beberapa efek yang terjadi jika asteroid sampai menabrak planet Bumi kita?

Apa yang Akan Terjadi Jika Asteroid Menabrak Bumi?

Ketika asteroid menabrak Bumi maka debu dan asap dari tabrakan asteroid akan naik ke atmosfer Bumi, lalu menghalangi pancaran sinar Matahari.

Hal ini membuat suhu global jadi menurun secara ekstrem dan bisa menyebabkan kematian banyak makhluk hidup yang ada planet kita.

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Pengertian, Letak, serta Jenis-Jenis Asteroid