Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Planet Saturnus, Planet Terjauh yang Bisa Dilihat Tanpa Teropong

Planet Saturnus adalah planet keenam di tata surya, merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah mengenal tentang fakta menarik planet Jupiter, planet terbesar di tata surya.

Kali ini kamu akan diajak belajar tentang fakta menarik planet Saturnus, planet yang memiliki cincin dan dijuluki sebagai planet tercantik di tata surya.

Planet saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter.

Planet Saturnus adalah planet gas raksasa punya radius dengan rata-rata 9 kali radius rata-rata di Bumi.

Massa jenis rata-rata Saturnus hanya seperdelapan dari massa jenis rata-rata Bumi dengan volume yang lebih besar daripada Bumi.

Saturnus terkenal sebagai planet bercincin yang terdiri dari partikel-partikel es dengan sedikit puing-puing batu dan juga debu.

Menurut NASA Solar System Exploration, cincin Saturnus terdiri dari butiran es dan serpihan atau pecahan komet, asteroid, atau bulan yang terkoyak karena gaya gravitasi kuat dari Planet ini.

Ukuran diameter cincin Saturnus bisa mencapai 282.000 kilometer, sedangkan jarak antara planet dan cincin sekitar 67.000 kilometer.

Cincin Saturnus punya enam kali diameter Bumi dan terdiri dari Cincin D, Cincin C, Cincin B, Cincin A, Cincin F, Cincin G, dan Cincin E.

Ada sekitar 82 satelit alami yang mengorbit Saturnus, dengan 53 di antaranya sudah dinamai dengan nama resmi, selain itu, ada juga ratusan satelit alami minor pada sistem cincin planetnya.

Lalu, apa saja fakta menarik tentang planet Saturnus, planet bercincin yang disebut planet terindah di Tata Surya?

Baca Juga: Cincin Planet Saturnus Ternyata Bisa Menghilang, Kok Bisa? #AkuBacaAkuTahu