Find Us On Social Media :

Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum, Materi PKN Kelas 9 SMP

Pelaksanaan demokrasi dalam pengambilan keputusan merupakan bentuk pengamalan Pancasila dalam bidang politik dan hukum.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 masih membahas tentang Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 19-22 membahas tentang Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak mengenal nilai-nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis yang terkandung dalam pancasila.

Pancasila terdiri dari lima sila yang merupakan satu kesatuan yang enggak bisa dipisahkan satu sama lain dan harus dipahami bersamaan.

Sesuai urutannya, Pancasila memiliki makna yang harus dijiwai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Inilah yang membuat tata urutan sila dalam Pancasila enggak bisa dirubah karena akan menghilangkan makna dari Pancasila sebagai sebuah kesatuan.

Selanjutnya kamu akan diajak melihat perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam Bidang politik dan hukum, seperti apa saja perwujudan nilainya?

Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum

Bidang politik adalah sebuah bidang yang terus mengalami perkembangan selama negara terus berjalan, akan banyak persoalan yang bermunculan.

Persoalan-persoalan itu seperti jalannya lembaga negara, permasalahan HAM, juga penegakkan demokrasi dan hukum.

Pembangunan negara Indonesia sebagai negara modern salah satunya membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: Nilai Instrumental dan Nilai Praksis Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Materi PKN Kelas 9