Find Us On Social Media :

Ragam Fakta Menarik Ikan Hiu, Predator Puncak Penjaga Ekosistem Laut

Ikan hiu adalah salah satu ikan bertulang lunak yang menjadi predator puncak rantai makanan di laut. Apa saja fakta menarik tentang ikan ini?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat film dokumenter atau klip video tentang ikan hiu?

Ikan hiu merupakan salah satu hewan yang hidup di lautan dan dikenal sebagai salah satu hewan yang berbahaya dan bisa menyerang manusia.

Melansir dari laman threshershark.id, hiu termasuk dalam jenis ikan bertulang lunak karena kerangka tubuh ikan yang satu ini terbuat dari jaringan tulang rawan.

Beberapa jenis hiu yang masuk ke kategori ini misalnya hiu putih besar (Carcharodon carcharias), hiu paus (Rhincodon typus), dan semua jenis ikan pari (Batoidea).

Nah, satu-satunya bagian tulang keras pada hiu hanya ada di giginya, hal inilah yang membuat banyak fosil gigi ikan hiu yang ditemukan di berbagai tempat di dunia.

Sejarah mencatat bahwa hiu sudah hidup di lautan selama 450 tahun lamanya dan jadi salah satu makhluk laut yang penting dalam perjalanan sejarah kehidupan di Bumi.

Hiu disebut sudah menguasai lautan luas sebelum dinosaurus dengan ukuran yang sangat besar jadi penguasa di seluruh daratan Bumi.

Hiu sudah sejak lama menjadi predator puncak dalam rantai makanan ekosistem di laut, inilah kenapa hiu memegang peranan penting di dalamnya.

Keberadaan hiu bisa membantu mengendalikan dan memelihara spesies yang berada di kelas yang lebih rendah dalam rantai makanan.

Hiu diketahui memangsa ikan yang lemah dan sakit sehingga membantu menjaga keragaman spesies sekaligus menjaga kesehatan ekosistem di lautan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang ikan hiu yang penting kamu ketahui. Apa saja, ya?

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Hiu yang Hidup di Perairan Indonesia serta Nama Ilmiahnya