Find Us On Social Media :

Iklan Komersial dan Nonkomersial: Pengertian dan Perbedaannya

Iklan komersial dan iklan nonkomersial punya pengertian dan perbedaan masing-masing

GridKids.id - Berdasarkan sifatnya, iklan dibagi menjadi 2, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial.

Nah, tahukah kamu pengertian dan perbedaan dari iklan komersial dan nonkomersial?

Kali ini, GridKids akan membahas tentang kedua jenis iklan tersebut.

Hal ini merupakan materi dari pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP.

Iklan adalah media untuk menyampaikan pesan berupa informasi tentang sebuah produk atau tindakan.

Iklan merupakan sebuah teks persuasif yang berisikan tulisan, gambar, animasi, atau suara.

Iklan bisa ditemukan di media massa, misalnya televisi, radio, surat kabar, dan internet.

Tujuan atau fungsi dari iklan adalah untuk memberitahukan suatu hal, baik barang atau layanan jasa.

Iklan berfungsi untuk membujuk masyarakat agar membeli atau menggunakan barang serta jasa tersebut.

Iklan terdiri dari berbagai jenis, yang dibedakan berdasarkan tujuan, sifat, media penyebaran, dan bentuk penyajian.

Kali ini, kita akan membahas tentang jenis iklan berdasarkan sifatnya, yaitu iklan komersial dan nonkomersial.

Baca Juga: Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bersifat menjual produk atau jasa secara langsung.

Adanya iklan komersial bisa membuat suatu produk maupun jasa lebih banyak dikenal secara luas oleh masyarakat luas.

Dibandingkan dengan iklan nonkomersial, iklan komersial lebih mudah ditemukan.

Kita bisa menemukan iklan ini di berbagai tempat, misalnya media cetak, televisi, radio, billboard, sampai di internet.

Biasanya, iklan komersial berisi:

Tujuan dari jenis ini adalah agar tercipta permintaan pasar dan bisa mendatangkan pendapatan.

Biasanya, iklan komersial berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan.

Namun, iklan komersial juga bisa menciptakan pencitraan sebuah merek.

Hal ini agar konsumen bisa langsung mengenali perusahaan atau nama produk dan memiliki penilaian yang positif terhadap merek atau produk tersebut.

Lalu, bagaimana dengan iklan nonkomersial?

Baca Juga: Kriteria dan Ciri-Ciri Iklan yang Efektif serta Cara Membuatnya

Iklan Nonkomersial

Iklan nonkomersial adalah iklan yang enggak berhubungan dengan niaga atau perdagangan.

Tujuan dari iklan ini lebih pada pencapaian kondisi hidup masyarakat yang lebih baik.

Sebab, iklan ini biasanya berisi himbauan dan peringatan untuk masyarakat.

Umumnya iklan non-komersial merupakan iklan yang memang ditujukan untuk memberikan informasi, edukasi, imbauan, dan sosialisasi program.

Iklan non-komersial ini biasanya dibuat oleh lembaga pemerintah, Kids.

Iklan non-komersial lainnya adalah iklan untuk tujuan tertentu. Contoh iklan ini adalah iklan bantahan, iklan pembelaan, iklan lelang, dan sebagainya.

Nah, itulah pengertian dan perbedaan dari iklan komersial dan iklan nonkomersial.

Iklan komersial lebih berfokus pada pengenalan produk dan menambah pendapatan.

Sedangkan iklan nonkomersial berisi himbauan dan edukasi untuk masyarakat. Iklan ini tak bertujuan mendapatkan keuntungan.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.