Find Us On Social Media :

Kenapa Bumi Jadi Satu-satunya Planet dengan Kehidupan di Tata Surya? #AkuBacaAkuTahu

Bumi adalah planet ketiga di tata surya yang jadi satu-satunya planet di Tata Surya yang diketahui memiliki kehidupan di dalamnya.

GridKids.id - Bumi adalah planet ketiga di tata surya yang menjadi satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di dalamnya.

Planet Bumi juga merupakan satu dari miliaran benda langit yang ada di alam semesta, Bumi memiliki berbagai elemen yang mendukung kehidupan makhluk hidup.

Elemen-elemen pembentuk Bumi inilah yang jadi pendukung kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Beberapa elemen pendukung kehidupan Bumi seperti misalnya air, atmosfer, hingga suhu Bumi.

Air merupakan komponen penting pendukung kehidupan yang memastikan keberlangsungan makhluk hidup di bumi, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan tetap bisa berlangsung.

Lalu, atmosfer Bumi yang juga memiliki komposisi yang sesuai untuk kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Bumi juga memiliki jarak yang strategis karena letak dan jaraknya dari Matahari enggak terlalu dekat dan enggak terlalu jauh.

Jika planet yang letaknya terlalu dekat dengan Matahari seperti Merkurius, tentunya kehidupan akan sulit terjadi karena suhu yang sangat panas dan rotasi planet yang sangat cepat.

Sedangkan, ketika Bumi berada di posisi planet Neptunus maka jaraknya menjadi terlalu jauh dari Matahari.

Hal ini akan memengaruhi suhu menjadi sangat dingin dengan perputaran planet yang jauh lebih lama untuk bisa mengelilingi Matahari sebagai pusat Tata Surya.

Inilah alasan Bumi jadi planet yang tepat untuk makhluk hidup ciptaan Tuhan bisa hidup dan bertahan hidup bersama tanpa kesulitan karena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Jika Bumi Punya Ukuran Sebesar Matahari?