Find Us On Social Media :

20 Istilah dalam Olahraga Panjat Tebing, Dimulai di Eropa Awal Abad-20

Olahraga panjat tebing pertama kali berkembang di Eropa pada era 1910-an.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang sejarah olahraga berkuda dan istilah-istilahnya.

Kali ini kamu akan diajak belajar sejarah singkat dan istilah-istilah olahraga lainnya, yaitu olahraga panjat tebing.

Panjat tebing ternyata pertama kali dikenal di kawasan Benua Eropa dan pertama kali dilakukan di kawasan pegunungan Alpen sebelum era Perang dunia I di Austria.

Panjat tebing menggunakan tali baru dikenal pada 1920, satu dekade setelahnya menjadi tahun keemasan olahraga panjat tebing di pegunungan Alpen.

Pasca Perang Dunia II mulai banyak tercipta dan tersedia peralatan panjat tebing untuk melakukan olahraga ini lebih dari sebelumnya.

Pada 1970an, para pemanjat dari Amerika mengembangkan teknik baru di kawasan Pegunungan Yosemite yang sampai saat ini masih dipergunakan untuk memanjat tebing-tebing besar.

Satu dekade setelahnya, yaitu pada 1980-an panjat tebing makin meluas ke Benua Eropa, Amerika, sampai ke Asia.

Makin populer membuat olahraga ini terlepas dari kegiatan pendakian gunung dan membentuk bentuk barunya sendiri yaitu olahraga panjat tebing.

Olahraga panjat tebing mulai dikenal di Indonesia pada 1960-an setelah berdiri perkumpulan Pecinta Alam Universitas Indonesia yang punya akar kegiatan mendaki gunung.

Barulah pada 1975, kegiatan atau olahraga panjat tebing berdiri sendiri secara utuh dan mendirikan kelompok mandirinya sendiri dengan pendirian Panjat Tebing Indonesia yang memulai latihan di tebing Citatah, Jawa Barat.

Berikutnya kamu akan diajak untuk melihat istilah-istilah dalam olahraga panjat tebing, apa saja, ya?

Baca Juga: 15 Istilah Olahraga Senam Lantai dan Sejarah Singkatnya, Sudah Ada Sejak 2700 SM