Find Us On Social Media :

7 Bencana Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah Peradaban Manusia #AkuBacaAkuTahu

Tsunami adalah salah satu bencana alam paling destruktif yang biasanya akan memakan korban jiwa hingga kerusakan pada lingkungan hidup masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir.

GridKids.id - Hari ini, 26 Desember 2022 merupakan peringatan 18 tahun peristiwa Tsunami Aceh pada 2004 lampau.

Tsunami Aceh merupakan salah satu tsunami paling destruktif sepanjang sejarah yang sebelumnya didului dengan gempa tektonik sebesar 9,3 SR.

Gempa tektonik berdurasi selama 10 menit dan berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman sekitar 10 kilometer di dasar laut.

Dilansir dari kompas.com, gempa tektonik dan gelombang tsunami yang menimpa pesisir Aceh diperkirakan mencapai ketinggian 30 meter dengan kecepatan mencapai 100 m/detik atau kecepatannya setara 360 km/jam.

Enggak hanya berdampak bagi Aceh dan wilayah di sekitarnya, bencana tsunami ini bahkan sampai berdampak ke 15 negara lain, seperti Sri Lanka, India, Thailand, Myanmar, Malaysia, Bangladesh, Seychelles, Yaman, Kenya, Afrika Selatan, Somalia, Tanzania, dan Madagaskar.

Menurut data PBB pada 4 Januari 2005 menyatakan korban jiwa yang diakibatkan bencana besar ini melebihi 200.000 jiwa.

Jumlah korban jiwa itu enggak hanya datang dari Indonesia sebagai episentrum gempa, tapi juga di negara-negara terdampaknya.

Berikutnya kamu akan diajak untuk melihat daftar bencana tsunami terbesar dan paling berpengaruh di dunia, di antaranya:

Daftar Tsunami Terbesar (Mega Tsunami) di Dunia

1. Tsunami Teluk Lituya (1958) - 524 m

Bencana longsor besar di wilayah Teluk Lituya, Alaska memicu mega tsunami setinggi 524 m, yang dianggap sebagai salah satu mega tsunami yang pernah terjadi pada peradaban manusia.

Baca Juga: Termasuk Bencana Destruktif, Seperti Apa Proses Terjadinya Tsunami? #AkuBacaAkuTahu