Find Us On Social Media :

Kenapa Keberadaan Satelit Tak Terlihat di Foto Bumi dari Luar Angkasa?

Satelit adalah salah satu objek langit yang mengorbit pada Bumi. Kenapa satelit enggak tertangkap jepretan kamera luar angkasa?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu berpikir kenapa ketika ada foto Bumi yang diambil oleh lembaga antariksa enggak pernah terlihat satelit yang turut mengitari planet kita?

Ruang di atas planet tak hanya ramai oleh satelit yang mengorbit karena gravitasi planet, tapi juga diramaikan oleh sampah-sampah antariksa.

Hingga saat ini jumlah satelit yang mengorbit bumi berjumlah sekitar 4.256 satelit dan 1.149 buah di antaranya masih aktif.

Ribuan satelit yang mengorbit Bumi memiliki ukuran yang lebih kecil dari bayangan kebanyakan orang, ukurannya berkisar antara 10 cm- 30 meter.

Lalu, kenapa ketika lembaga Antariksa mencoba memfoto Bumi dari ruang angkasa, enggak ada foto satelit yang ikut diabadikan kamera?

Ternyata hal ini bisa terjadi karena Bumi berukuran sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran satelit yang mengorbit padanya.

Karena perbedaan ukuran yang sangat jauh inilah, satelit-satelit buatan manusia jadi terlalu kecil untuk bisa terlihat dari foto luar angkasa yang dipotret oleh lembaga-lembaga antariksa.

Sebagian besar foto Bumi yang diambil sejauh ini punya resolusi beberapa ribu piksel, sehingga satelit-satelit yang mengorbit Bumi hanya akan jadi titik kecil dari pixel sehingga enggak bisa terlihat dari foto.

Satelit yang mengorbit Bumi memiliki jarak yang sangat jauh antara satu dan sama lainnya.

Ukuran satelit begitu beragam, dari cubesats bisa digenggam dengan tangan, sampai ada satelit yang berukuran lapangan sepakbola.

Tak hanya itu, ada juga sampah antariksa yang ukurannya lebih kecil daripada satelit terkecil sekalipun.

Baca Juga: Apakah yang Membuat Bulan disebut sebagai Satelit Alami Bumi?