Find Us On Social Media :

Galaksi di Alam Semesta Tak Mengorbit Sesuatu, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Galaksi yang ada di alam semesta saling tarik menarik karena gravitasi satu sama lain. Tak saling mengorbit, pada waktunya galaksi akan saling bertabrakan dan menyatu.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang jumlah dan bentuk galaksi yang ada di alam semesta.

Kali ini kamu akan dibahas membahas topik lain tentang galaksi yaitu "apakah galaksi di alam semesta mengorbit sesuatu?".

Mengorbit dipahami sebagai pergerakan objek terhadap sebuah titik pusat di ruang angkasa pada jalur tertentu.

Titik pusat itu biasanya dekat dengan objek lain yang punya massa lebih besar dengan titik massa di ruang angkasa yang disebut dengan barisenter.

Barisenter terletak di pusat massa sebuah sistem.

Hal inilah yang membuat benda-benda langit mengorbit ke objek lain yang punya massa lebih besar darinya.

Semua benda langit akan mengorbit di titik pusatnya dan akan selalu saling mengorbit satu sama lainnya.

Alam semesta yang begitu luas diketahui enggak punya titik pusat, lalu galaksi tempat kita hidup di dalamnya ini mengorbit pada apa, ya, Kids?

Dilansir dari infoastronomy.org, galaksi yang ada di alam semesta akan mengorbit satu sama lainnya.

Misalnya galaksi Bimasakti tempat Bumi kita berada diorbiti oleh galaksi kerdil atau yang disebut juga dengan galaksi satelit yang ukurannya lebih kecil, yaitu Awan Magellan Besar dan Awan Magellan kecil.

Galaksi Andromeda, yaitu galaksi spiral yang posisinya paling dekat dari galaksi Bimasakti juga memiliki galaksi-galaksi satelit yang mengorbit di dekatnya.

Baca Juga: 4 Bentuk Galaksi di Alam Semesta Menurut Klasifikasi Edwin Hubble