Find Us On Social Media :

Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia, PKN Kelas 9 SMP

Kedaulatan negara Indonesia adalah kedaulatan rakyat yang berarti keputusan tertinggi ada di tangan rakyat.

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 3 tentang Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 3 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 60-62 tentang Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Setelah membahas tentang teori-teori kedaulatan negara, kali ini kamu akan diajak membahas bentuk dan prinsip kedaulatan NKRI.

Negara Indonesia merupakan negara yang landasan hukumnya menganut kedaulatan rakyat dan ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar NKRI 1945.

Dalam pembukaan UUD NKRI 1945 alinea keempat dan pasal 1 ayat 2 UUD NKRI 1945 yang membahas kedaulatan rakyat dan pelaksanaannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

UUD 1945 menentukan bagian mana dari kedaulatan rakyat yang pelaksanaannya diserahkan pada badan/lembaga yang keberadaan hingga wewenangnya ditentukan oleh UUD 1945.

Penyerahan ini tetap berada di bawah pengawasan rakyat, baik langsung maupun lewat lembaga yang dipilih berdasar mandat rakyat.

Negara Republik Indonesia menganut teori kedaulatan rakyat sesuai UUD 1945 pasal 1 ayat 3.

Dimana pada pasal tersebut menyatakan bahwa Indonesia adalah negara hukum.

Dalam pasal 27 ayat (1) menyebutkan bahwa segala warga negara punya kedudukan yang sama di mata hukum tanpa pengecualian.

Lalu, seperti apa prinsip-prinsip kedaultan Negara Republik Indonesia? Yuk, simak uraian lebih lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: 3 Aspek Utama Kedaulatan Negara Menurut Konsep Hukum Internasional