Find Us On Social Media :

Mengenal 8 Bentuk Relief Dasar Laut yang Terbentuk Secara Alami

Relief dasar laut adalah kontur yang terbentuk secara alami lewat aktivitas Bumi yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

GridKids.id - Pada artikel pengetahuan umum sebelumnya, GridKids sudah mengajakmu belajar tentang jenis-jenis patahan alam yang memengaruhi penampakan permukaan Bumi.

Sedikit mengingatkanmu, tenaga endogen yang terus terjadi membuat penampakan Bumi terus berubah dari waktu ke waktu.

Nah, salah satu gerak sesar patahan Bumi yaitu patahan vertikal membuat gerakan ke atas dan ke bawah sehingga memengaruhi tinggi rendahnya relief permukaan Bumi.

Tak hanya terlihat di daratan, relief permukaan Bumi yang begitu beragam juga terjadi dan terbentuk di dasar laut.

Bentuk dasar lautan disebut sebagai relief dasar laut yang terbentuk dari berbagai fenomena alam seperti pergerakan tektonik, proses sedimentasi, dan lain sebagainya.

Fenomena alam inilah yang akhirnya membuat variasi relief dasar laut jadi sangat beragam bentuknya.

Meski begitu, sebenarnya kontur bumi yang ada di dasar laut enggak terlalu jauh berbeda dengan kontur yang ada di atas permukaan daratan.

Relief dasar laut yang kini terbentuk adalah hasil dari proses geologi, gabungan dari aktivitas tenaga endogen dan eksogen.

Tenaga endogen berasal dari dalam Bumi dan memicu kulit Bumi jadi enggak rata, sedangkan tenaga eksogen berasal dari luar Bumi dan merombak bentuk permukaan Bumi hasil bentukan tenaga endogen, misalnya ombak atau angin.

Dilansir dari rimbakita.com, ada beberapa bentuk relief dasar laut dengan karakteristiknya yang membentuk kontur di dasar laut kita.

Yuk, simak sama-sama penjelasan lengkapnya pada uraian di bawah ini, Kids.

Baca Juga: 4 Bentuk Patahan Alam yang Memengaruhi Penampakan Permukaan Bumi