Find Us On Social Media :

Negara Fasisme: Pengertian, Gagasan, Tujuan, dan Contoh Negaranya

Negara fasisme adalah negara yang menerapkan paham politik yang mendukung kekuatan absolut tanpa adanya demokrasi. Jerman adalah salah satu negara fasisme.

GridKids.id - Artikel GridKids kali ini akan membahas tentang paham negara di dunia, yaitu paham fasisme.

Fasisme adalah sebuah paham politik yang menjunjung tinggi kekuasaan absolut tanpa adanya demokrasi dalam jalannya pemerintah sebuah negara.

Namun, fasisme juga sering dilihat sebagai sebuah paham yang mengedepankan bangsa sendiri tapi memandang rendah bangsa lainnya.

Paham nasionalisme ini bersifat sangat fanatik tapi di saat bersamaan juga menerapkan pemerintahan yang sangat otoriter.

Paham fasisme adalah sebuah ideologi yang mendorong individu atau masyarat bisa berpikir dan bertindak secara seragam dengan menerapkan kekuatan yang represif dalam pengendalian sosialnya.

Dalam ideologi fasis, negara bukan dibuat dan diciptakan oleh rakyat tapi merupakan andil dari orang-orang kuat dan berpengaruh.

Jika orang-orang kuat sudah membentuk sebuah organisasi Negara, maka negara wajib untuk menerapkan nilai-nilainya pada rakyat.

Ideologi fasisme berkembang pada abad ke-20 lalu berkembang pesat dan menyebar ke seluruh dunia pada masa Perang Dunia meletus.

Istilah fasisme pertama kali muncul pada masa Perang Dunia I ditandai dengan berdirinya gerakan Fasis Italia pada 1919.

Gagasan fasisme yang lebih radikal dipopulerkan dan diterapkan di Jerman oleh Adolf Hitler dalam bentuk nasionalis-sosialisme atau yang populer dengan nama Nazi.

Negara-Negara Fasis di Dunia

Baca Juga: 7 Negara Adidaya Pada Era Sebelum Perang Dunia II, Salah Satunya Makedonia