Find Us On Social Media :

Parasitologi: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Jenis Parasit yang Menyebabkan Penyakit

Salah satu cabang ilmu biologi yang berperan dalam kehidupan adalah parasitologi.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang parasitologi?

Salah satu cabang ilmu biologi yang berperan dalam kehidupan adalah parasitologi.

Secara etimologis, parasit berasal dari bahasa Yunani, yakni 'para' yang berarti di samping dan 'sitos' diartikan makanan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), parasit adalah organisme yang hidup dan mengisap makanan dari organisme lain yang ditempelinya.

Parasit juga diartikan sebagai organisme hidup yang dikaitkan dengan makanan pada siklus hidupnya baik sebagian atau seluruhnya.

Kata parasitologi berasal dari kata 'parasitos' yang diartikan sebagai organisme yang mengambil makanan, sedangkan 'logos' memiliki arti ilmu.

Berdasarkan istilahnya, parasitologi merupakan ilmu yang mempelajari organisme yang hidup untuk sementara ataupun tetap di dalam atau pada permukaan organisme lain untuk mengambil makanan dari organisme tersebut.

Parasitologi juga dipahami sebagai cabang ilmu biologi yang ilmu tentang parasit.

Organisme parasit adalah organisme yang hidup bersifat parasistis. Artinya, hidup yang selalu merugikan organisme yang ditempatinya.

Lantas, apa saja ruang lingkup dan jenis parasit yang menyebabkan penyakit dalam parasitologi, Kids?

Untuk mengetahui ruang lingkup dan jenis parasit yang menyebabkan penyakit dalam parasitologi, simak informasi berikut ini, ya.

Baca Juga: Ruang Lingkup dan Peran Bakteriologi dalam Kehidupan, Seperti Apa?