Find Us On Social Media :

Partikel dalam Benda dan Makhluk Hidup, Materi IPA Kelas 9 SMP Tema 8

Tiap makhluk atau benda tersusun dari miliaran partikel dan senyawa. Seperti apa penjelasannya?

GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 9 SMP kali ini sudah masuk ke Tema 8 tentang Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 99-103 membahas tentang Partikel dalam Benda dan Makhluk Hidup.

Partikel merupakan bagian paling kecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat dari materi itu.

Partikel bisa berbentuk atom, molekul, dan ion, atom sendiri adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut.

Nah, tubuh makhluk hidup tersusun dari milyaran atom-atom yang saling berikatan satu dengan lainnya lalu membentuk molekul.

Molekul adalah gabungan antara dua atau lebih atom-atom lewat ikatan kimia tertentu.

Sedangkan molekul bisa tersusun menjadi struktur tertentu, misalnya rambut yang terdiri dari molekul-molekul yang terdiri dari unsur karbon (C), hidrogen (H), nitrogen (N), dan Sulfur (S).

Tak hanya pada makhluk hidup saja, berbagai benda-benda yang ada di sekitar kita seperti plastik, kayu, udara, dsb adalah zat kimia yang tersusun atas senyawa-senyawa tertentu.

Dalam sebuah senyawa, molekul-molekul tertata sedemikian rupa sehingga bisa menunjukkan sifat-sifat tertentu yang kita asosiakan pada tiap benda.

Contohnya plastik yang dikenal lentur karena punya molekul struktur yang panjang dan berongga antar molekulnya.

Karena ukurannya yang sangat kecil, molekul enggak bisa diamati dengan mata telanjang atau bahkan mikroskop biasa.

Baca Juga: Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup, IPA Kelas 9 SMP Tema 8