Find Us On Social Media :

Dampak Penerapan dan Pengembangan Bioteknologi, Materi IPA Kelas 9

Bioteknologi tak hanya membawa manfaat bagi kehidupan manusia, ada dampak-dampak yang mengikutinya, apa saja?

GridKids.id - Pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 9 SMP kali ini masih membahas tentang tema 7 tentang Bioteknologi dan pemanfaatannya.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 80 - 83 membahas tentang Dampak Penerapan dan Pengembangan Bioteknologi.

Pada artikel-artikel sebelumnya kamu sudah diajak untuk mengenal bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari bidang pangan, pertanian, peternakan, kesehatan, lingkungan, hingga forensik.

Hingga kini ilmuwan terus melakukan penelitian dalam bidang bioteknologi yang bisa menghasilkan suatu produk baru, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan manusia.

Meski dikenal punya berbagai keuntungan, penerapan bioteknologi juga membawa dampak atau efek negatif bagi kehidupan manusia.

Selanjutnya kamu akan diajak untuk mengenal dampak-dampak penerapan bioteknologi dalam kehidupan manusia, apa saja, ya?

Dampak Penerapan dan Penggunaan Bioteknologi

1. Dampak terhadap Lingkungan

Tanaman atau hewan transgenik memiliki susunan gen yang sudah dimodifikasi, baik yang ditambahkan suatu gen atau dilakukan pengurangan suatu gen organisme itu.

Organisme transgenik ini jika enggak bisa dikelola dengan baik, bisa mencemari keanekaragaman gen yang ada di lingkungan alami atau merusak plasma nutfah.

Plasma nutfah adalah materi yang membawa sifat suatu makhluk hidup.

Baca Juga: Penerapan Bioteknologi pada Kasus Pencemaran Lingkungan, IPA Kelas 9 SMP