Find Us On Social Media :

Apakah Nama Bintang dengan Suhu Paling Panas yang Ada di Alam Semesta?

Bintang di langit punya beberapa warna, warna dan suhunya bermacam-macam. Bintang manakah yang paling panas di alam semesta?

GridKids.id - Kids, pada artikel astrologi GridKids sebelumnya kamu sudah belajar tentang bintang earendel, bintang paling jauh jaraknya dari Bumi.

Nah, pada artikel ini kamu akan diajak mengenal bintang paling panas yang ada di alam semesta.

Bintang-bintang yang ada di alam semesta punya suhu yang berbeda-beda, mulai dari bintang kerdil (katai) merah yang suhunya relatif lebih dingin, ketimbang bintang raksasa (masif) warna biru yang suhunya sangat panas.

Sama halnya seperti api di komor yang berwarna biru jauh punya suhu yang lebih panas daripada bintang yang berwarna merah.

GridKids pernah membahas tentang warna-warna bintang di alam semesta, dari artikel itu kamu tahu bahwa bintang merah punya suhu permukaan sekitar 2.200 derajat Celcius.

Nah, perbandingannya Matahari yang digolongkan sebagai bintang kerdil kuning dengan suhu sekitar 5.700 derajat Celcius.

Makin panas suhu sebuah bintang di alam semesta maka akan makin tinggi spektrumnya.

Pada studi astronomi dikenal sistem klasifikasi bintang yang mengelompokkan bintang-bintang berdasarkan seberapa kuat garis serapan pada pola spektrum dan besaran luminositasnya.

Bintang-bintang di alam semesta terbagi jadi beberapa kelas, yaitu O, B, A, F, G, K, dan M yang tersusun berdasarkan temperaturnya.

Kelas O dalam klasifikasi bintang adalah bintang paling panas (bintang biru), sedangkan kelas M adalah suhu paling rendah atau yang paling dingin (bintang merah).

Lalu, bintang apakah yang paling panas di alam semesta?

Baca Juga: Mengenal Bintang Earendel, Bintang dengan Jarak Terjauh dari Bumi