Find Us On Social Media :

5 Tantangan dan Hambatan Kegiatan Ekonomi Distribusi Bagi Produsen

Distribusi adalah salah satu kegiatan ekonomi masyarakat yang memastikan barang dan jasa bisa disampaikan dari produsen ke konsumen.

GridKids.id - Distribusi adalah salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat setiap waktunya untuk memenuhi kebutuhannya.

Distribusi merupakan kegiatan penyaluran mencakup pembagian dan pengiriman pada beberapa orang atau tempat.

Distribusi bisa memastikan hasil produksi akan sampai ke konsumen yang letaknya cukup jauh dari tempat barang atau jasa diproduksi.

Jika hasil produksi enggak segera didistribusikan pada konsumen, maka hasil produksinya hanya akan tertimbun di tempat penyimpanan.

Kegiatan ekonomi distribusi bisa membuat harga suatu hasil produksi mengalami peningkatan yang nantinya konsumen enggak akan tertarik lagi untuk membeli barang atau jasa itu.

Jika hal itu sampai terjadi, maka produsen dan perusahaan akan mengalami kerugian karena barang-barang dan jasanya enggak laku terjual.

Kegiatan distribusi bisa terbagi jadi dua cara, yaitu distribusi langsung dan distribusi enggak langsung.

Distribusi langsung adalah distribusi berupa kegiatan penyaluran dan pengiriman barang dan jasa langsung oleh produsen atau perusahaannya.

Sedangkan distribusi enggak langsung merupakan kegiatan distribusi yang dilakukan oleh pihak ketiga, sehingga perusahaan enggak berkaitan secara langsung.

Distribusi enggak langsung bisa dilakukan dengan cara perorangan atau menggunakan perusahaan distributor.

Lalu, apa sajakah tantangan atau hambatan yang dihadapi oleh distributor atau para pedagang yang sering ditemukan dalam jalannya ekonomi industri?

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi: Pengertian Distribusi dan Jenis-Jenis Kegiatannya