Find Us On Social Media :

Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan: Bidang Pertanian, Materi IPA Kelas 9 SMP

Bioteknologi pertanian adalah solusi dari kekurangan pangan karena meningkatkan jumlah penduduk suatu masyarakat.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 9 SMP Tema 7 tentang bioteknologi dan pemanfaatannya.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 7 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 66-69 tetang bioteknologi pertanian.

Bioteknologi pertanian berkaitan dengan peningkatan jumlah penduduk berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan pangan penduduk.

Saat ini produksi pangan secara tradisional enggak lagi cukup untuk mencukupi semua kebutuhan pangan masyarakat yang terus meningkat.

Keterbatasan persediaan pangan inilah yang mendorong para ilmuwan untuk mencari solusi dalam memproduksi bahan pangan dengan cara yang lebih baik.

Penerapan bioteknologi modern dalam pertanian menjadi solusi terbaik saat ini untuk mengatasi permasalahan yang muncul.

Penerapan bioteknologi modern dalam pertanian berpotensi meningkatkan produksi tanaman budi daya dan mengurangi pemakaian bahan kimia berbahaya seperti penggunaan pestisida.

Bioteknologi modern dalam pertanian dilakukan dengan menerapkan teknik rekayasa genetika, dengan melakukan manipulasi susunan gen suatu organisme sehingga bisa dihasilkan organisme yang punya sifat baru.

Manipulasi susunan gen bisa dilakukan dengan cara menambah gen suatu organisme yang diambil dari organisme lain dengan menghilangkan gen tertentu dalam organisme bersangkutan.

Tanaman yang susunan gennya sudah dimanipulasi ini disebut tanaman transgenik, seperti jagung, padi, kedelai, tomat, dan pepaya.

Lalu, apa sajakah tahapan teknik rekayasa genetika? Yuk, simak sama-sama penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Materi IPA Kelas 9 SMP: Perbedaan Bioteknologi Konvensional dan Modern