Find Us On Social Media :

Kegiatan Ekonomi: Keunggulan dan Kelemahan Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga atau home industry adalah salah satu kegiatan ekonomi yang kreatif dan bisa membuka peluang kesempatan kerja bagi seseorang atau orang di sekitarnya.

GridKids.id - Pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal kegiatan ekonomi industri rumah tangga atau home industry.

Pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk mengenal kelebihan dan kekurangan dari jalannya kegiatan ekonomi industri rumah tangga atau home industry.

Dalam buku Manajemen Usaha Kecil karya Bapak Harimurti Subanar mengungkapkan bahwa home industry bisa tetap bertahan dan mengantisipasi terjadinya kelesuan perekonomian akibat inflasi atau faktor lainnya.

Keberadaan home industry bisa jadi salah satu solusi untuk terbukanya lapangan kerja baru yang mendukung pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Usaha home industry dianggap bisa dikelola dengan lebih fleksibel dan mandiri oleh para wiraswasta atau penggagasnya.

Tapi, usaha kecil dan kreatif ini juga memiliki kelemahan dalam pelaksanaan atau penyelenggaraannya.

Selanjutnya, kamu akan diajak untuk melihat keunggulan dan juga kelemahan dari diberlakukannya kegiatan ekonomi yang satu ini, apa saja, ya?

Keunggulan Industri Rumah Tangga

1. Pemilik dan penggagas home industry berperan sebagai manajer usaha yang bekerja dan mengatur sendiri kegiatan ekonomi yang dilakukan industri kecil yang dibangunnya.

2. Perusahaan kecil yang berbasis keluarga biasanya pengelolanya enggak punya keahlian manajerial yang memadai.

3. Sebagian besar home industry bisa membuka lapangan kerja baru, produknya berbentuk inovasi dari yang sudah ada sebagai pembeda dari tren yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga: Industri Rumah Tangga: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya