Find Us On Social Media :

Layang-Layang, Permainan Tradisional Warisan Nenek Moyang Indonesia #AkuBacaAkuTahu

Layang-layang adalah salah satu permainan tradisional yang biasanya dimainkan di ruang terbuka.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang pernah main layang-layang di lapangan luas?

Layang-layang adalah salah satu permainan tradisional yang cara memainkannya dengan menerbangkannya ke udara mengandalkan angin dan ketangkasan mengulur dan menarik benang.

Permainan layang-layang mungkin sudah jarang ditemukan dimainkan oleh anak-anak di kawasan perkotaan.

Terlepas dari keterbatasan lahan terbuka untuk memainkannya, lebih banyak anak - anak yang sibuk dan asyik bermain dengan smartphone atau games virtual lainnya.

Kecenderungan ini juga lah yang membuat makin jarang terlihat anak-anak yang suka beraktivitas di luar ruangan, salah satunya bermain layang-layang di lapangan terbuka.

Permainan ini populer dimainkan tak hanya di kalangan anak-anak tapi juga banyak disukai oleh orang dewasa hingga orang tua.

Tapi, tahukah kamu seperti apa sejarah awal munculnya permainan layang-layang di Indonesia?

Bukti sejarah tertua menemukan fakta bahwa ditemukan sebuah lukisan layang-layang yang berasal dari 4000 tahun sebelum masehi di Goa Muna, Sulawesi Tenggara.

Dari temuan itu diketahui bahwa nenek moyang pada zaman dulu sudah memainkan layang-layang, meski ada berbagai cara memainkannya dari mengadu tarik menarik hingga mengulur layang-layang terbang setinggi mungkin di langit.

Saking populer dan digemarinya permainan tradisional ini, permainan ini punya komunitasnya sendiri yang dinamai komunitas Pelangi (Persatuan Layang-Layang Indonesia).

Lalu, apa saja jenis layang-layang yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Enggak Sengaja Memegang Layang-Layang Raksasa, Balita Ini Ikut Terbang Setinggi 100 Kaki, Bagaimana Kondisinya?