Find Us On Social Media :

Ungu Identik dengan Bangsawan, Awalnya Terbuat dari Siput? #AkuBacaAkuTahu

Ungu adalah salah satu warna yang langka karena jarang ditemukan pada berbagai elemen di dunia. Seperti apa awalnya warna ungu disebut warna yang langka?

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa warna ungu dulunya adalah warna yang sangat langka?

Warna ungu adalah campuran antara warna merah dan warna biru dan ternyata sudah tercatat penggunaannya sebagai salah satu warna sejak 975 M.

Warna ungu disebut sebagai warna yang langka karena jarang sekali ada elemen yang menggunakan warna ini.

Warna ungu dalam bahasa Latin disebut dengan purpura dan sering disebut dengan warna ungu kerajaan atau ungu kekaisaran.

Elemen warna ini berasal dari moluska (siput laut) yang nantinya dikenal sebagai warna ungu Tyrian.

Warna moluska dan siput laut ini memiliki nama latin Bolinus brandaris yang saking langkanya, satu buah bobotnya dihargai seharga emas, lo.

Warna ungu yang dihasilkan dari moluska ini melalui proses yang sangat panjang sehingga produksinya begitu berkelas dan dihargai sangat mahal.

Inilah kenapa warna ungu kala itu sangat identik dengan kalangan bangsawan atau kerajaan yang berasal dari kalangan ekonomi atas.

Proses ekstraksi warna ungu berawal dari dibukanya cangkang siput untuk mengambil lendirnya untuk menghasilkan warna ungu lalu dijemur di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama.

Satu ons warna ungu kala itu memerlukan sekitar 250.000 ekor siput laut Bolinus brandaris untuk diambil lendirnya.

Warna ungu kala itu jadi simbol kerajaan dan kekuasaan para bangsawan karena hanya orang-orang kaya saja yang bisa menjangkau dan membelinya.

Baca Juga: Terkenal Misterius, Kenali 6 Karakter Penyuka Warna Ungu #AkuBacaAkuTahu