Find Us On Social Media :

Tak Sama, Inilah Perbedaan antara Gugus Bintang dan Rasi Bintang

Gugus bintang dan rasi bintang yang terlihat di langit sering disamakan, padahal keduanya berbeda. Seperti apa penjelasannya?

GridKids.id - Banyak orang yang masih sering menyamakan pemahaman tentang gugus bintang dan rasi bintang.

Langit yang begitu luas dan bisa kita pandangi dari Bumi biasa dihiasi bintang di malam hari ketika cuaca terang tanpa mendung atau hujan.

Bintang-bintang yang kita lihat biasanya tampak berkelompok atau terlihat berdekatan.

Gugus bintang dan rasi bintang adalah dua hal yang berbeda yang bisa dijelaskan dengan uraian sederhana yang mudah dipahami.

Gugus bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang letaknya terlihat dekat satu sama lain, yang dalam satu gugusnya bisa berjumlah antara ratusan hingga jutaan bintang yang terikat oleh gravitasi.

Gugus bintang dan anggota gugus bintang memiliki asal-usul yang sama karena materi pembentuknya berasal dari awan gas dan debu yang sama.

Gugus bintang terbagi jadi dua jenis, yaitu gugus bintang bola dan gugus bintang terbuka yang keberadaannya sangat berguna untuk para astronom untuk mempelajari evolusi dan mengetahui usia bintang.

Sedangkan rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang anggotanya enggak punya kaitan atau hubungan sama sekali dengan jarak yang saling berjauhan.

Rasi bintang hanya kumpulan bintang yang tampak dekat jika dipandangi dari Bumi.

Inilah yang menyebabkan tampilan konstelasi bisa berubah seiring berjalannya waktu meski hal itu memakan waktu hingga ratusan ribu tahun.

Lalu, apa sajakah perbedaan antara gugus bintang dan rasi bintang yang perlu kamu ketahui?

Baca Juga: Apakah Rasi Bintang yang Terbentuk di Langit Bisa Mengalami Perubahan?