Find Us On Social Media :

9 Karakteristik Sistem Ekonomi Tradisional Penentu Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Sistem ekonomi tradisional adalah sebuah sistem ekonomi yang masih berjalan sederhana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa dalam kegiatan ekonomi masyarakat dikenal sistem ekonomi tradisional?

Sistem ekonomi tradisional adalah kegiatan ekonomi masyarakat yang masih dalam taraf sederhana dan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek saja.

Sistem ekonomi tradisional yang dianut dalam sebuah negara membuat kegiatan ekonomi masyarakatnya masih sangat bergantung dengan hasil alam dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Nah, sistem ekonomi tradisional ini punya karakteristik atau ciri khasnya tersendiri yang membedakannya dengan sistem ekonomi lainnya.

Berikut adalah uraian tentang karakteristik sistem ekonomi tradisional yang menentukan kegiatan ekonomi masyarakat, meliputi:

Karakteristik Sistem Ekonomi Tradisional

1. Kegiatan ekonomi masyarakat terikat dengan tradisi dan kebudayaan sehingga standar yang dipergunakan dalam transaksi ekonomi adalah nilai-nilai budaya yang sudah diterapkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

2. Teknik produksi yang digunakan masih sangat sederhana yang dipelajari secara turun-temurun atau diwariskan dari generasi ke generasi.

Sedangkan proses produksi dan sistem distribusi terbentuk dari kebiasaan atau tradisi yang berlaku dalam lingkup masyarakat tersebut.

3. Metode transaksi ekonomi yang digunakan adalah barter atau saling tukar menukar barang antara anggota masyarakat yang saling membutuhkan.

4. Masyarakat bertindak sebagai produsen sekaligus konsumen, yang produksinya masih didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan sebuah produksi skala rumah tangga.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Sistem Ekonomi, Liberal, Sosialis dan Campuran