Find Us On Social Media :

3 Bentuk Peranan Pemerintah dalam Jalannya Kegiatan Ekonomi Negara

Pemerintah punya peranan penting dalam jalannya perekonomian negara, salah satunya sebagai regulator atau pembuat kebijakan ekonomi.

GridKids.id - Kids, pada artikel kegiatan ekonomi sebelumnya kamu sudah diajak GridKids untuk mengenal beberapa pelaku ekonomi yang menentukan jalannya kegiatan ekonomi masyarakat.

Salah satu pelaku ekonomi adalah pemerintah yang memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ekonomi yang adil dan memakmurkan seluruh lapisan masyarakatnya.

Kegiatan ekonomi terjadi di segala tingkatan masyarakat yang setiap harinya harus memenuhi kebutuhan hidupnya dengan melakukan pertukaran uang dengan barang atau jasa.

Keberadaan pemerintah sebagai salah satu pelaku ekonomi penting peranannya dalam mengatur jalannya kegiatan ekonomi.

Rumah tangga pemerintah dalam sebuah kegiatan ekonomi negara berfungsi sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap jalannya ekonomi negara.

Pemerintah juga bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan perkembangan lapangan kerja dalam negeri sekaligus membuat kebijakan ekonomi yang bisa menjaga stabilitas ekonomi negara.

Tak hanya itu, pemerintah juga jadi pihak yang mengalokasikan pajak yang dibayarkan masyarakat pada negara.

Pajak itu dialokasikan untuk merancang pembangunan fasilitas umum yang mewadahi kebutuhan masyarakat di segala bidang kehidupan.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah meliputi pembuatan kebijakan fiskal, kebijakan moneter, hingga peraturan keuangan internasional.

Dilansir dari gramedia.com, berikut ini adalah peranan rumah tangga pemerintah dalam jalannya kegiatan ekonomi sebuah negara, di antaranya:

Peranan Penting Rumah Tangga Pemerintah bagi Kegiatan Ekonomi

 Baca Juga: 6 Jenis Pelaku Ekonomi dan Peranannya dalam Kegiatan Ekonomi