Find Us On Social Media :

6 Jenis Pelaku Ekonomi dan Peranannya dalam Kegiatan Ekonomi

Pelaku ekonomi adalah semua pihak yang melakukan kegiatan ekonomi, baik perorangan atau organisasi.

GridKids.id - Kids, pada artikel tentang kegiatan ekonomi sebelumnya kamu sudah diajak mengenal berbagai bentuk kegiatan ekonomi.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk mengenal salah satu elemen penting dalam jalannya kegiatan ekonomi, yaitu pelaku ekonomi.

Pelaku ekonomi adalah semua pihak yang melakukan kegiatan ekonomi (dari produksi, distribusi, hingga konsumsi) baik dalam bentuk perorangan, organisasi, atau masyarakat umumnya.

Keberadaan pelaku ekonomi ini memiliki pengaruh terhadap motif ekonominya untuk memroduksi, membeli, menjual, hingga memasarkan sebuah produk atau jasa.

Pelaku ekonomi di Indonesia digolongkan menjadi beberapa jenis kelompok yaitu rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah dengan perannya masing-masing.

Berikutnya kamu akan diajak mempelajari jenis-jenis pelaku ekonomi ini satu- persatu. Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Jenis-Jenis Pelaku Ekonomi di Indonesia

1. Rumah Tangga Keluarga

Rumah tangga adalah lingkup terkecil yang jadi dasar untuk membangun masyarakat ekonomi yang lebih luas.

Pelaku ekonomi rumah tangga terdiri dari ayah, ibu, anak, dan anggota keluarga lainnya.

Pelaku ekonomi rumah tangga berperan menjadi produsen dan juga konsumen, ketika menjadi pelaku produksi misalnya ketika anggota keluarga bekerja untuk perusahaan swasta atau pemerintah.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pelaku Ekonomi dan Perannya, IPAS Kelas 5 SD Tema 8