Find Us On Social Media :

9 Fungsi Pokok dan Fungsi Tambahan Distribusi dalam Kegiatan Ekonomi

Distribusi memastikan barang-barang yang diperlukan masyarakat dikirimkan dari produsen ke tangan konsumen.

GridKids.id - Kids, artikel GridKids sebelumnya sudah mengajakmu mengenal tentang pengertian dan jenis-jenis kegiatan ekonomi distribusi yang dilakukan oleh distributor.

Nah, artikel kali ini akan melanjutkan pembahasan tentang kegiatan ekonomi distribusi yang termasuk satu dari tiga kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat.

Kegiatan ekonomi distribusi diselenggarakan dengan perantaraan distributor atau saluran distribusi, yaitu pedagang dan agen atau perantara dagang.

Pedagang atau salah satu saluran distribusi dikategorikan menjadi tiga jenis, meliputi produsen yang juga konsumen, pedagang besar, pedagang kecil (pengecer).

Ada beberapa lembaga-lembaga yang menjalankan perdagangan secara eceran, seperti toserba, supermarket, hingga toko khusus.

Sedangkan agen atau perantara dagang yang bertugas untuk melakukan penjualan bagi produsen, seperti makelar, agen penjualan, dan agen produsen.

Ada beberapa faktor pemilihan saluran distribusi, meliputi sifat barang, sifat pembayarannya, biaya, modal, dan tingkat keuntungan yang diperoleh.

Kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang fungsi kegiatan ekonomi distribusi, yang terbagi jadi dua kelompok fungsi yaitu fungsi pokok dan fungsi tambahan. Apa saja, ya?

1. Pengangkutan (Transportation)

Proses pengangkutan menggunakan transportasi ini dilakukan untuk mengatasi jarak antara tempat produksi ke jangkauan konsumen.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi: Pengertian Distribusi dan Jenis-Jenis Kegiatannya