Find Us On Social Media :

Kenapa Langit di Luar Angkasa Gelap Padahal Banyak Bintang Bersinar?

Langit di angkasa gelap karena merupakan ruang hampa udara yang enggak ada objek sebagai benda untuk memantulkan cahaya.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah tahu bagaimana cara bintang di angkasa mati hingga warna-warna bintang yang ada di angkasa.

Bahkan Matahari yang bersinar terang di siang hari merupakan salah satu bintang masif di tata surya.

Jika satu matahari saja bisa menyinari seisi Bumi, kenapa langit malam tetap gelap meski ada miliaran bintang di alam semesta?

Ternyata hal ini berkaitan dengan angkasa sebagai ruang kosong tanpa atmosfer dan tanpa partikel udara.

Sedangkan di bumi, segala hal bisa terlihat meski enggak bisa memancarkan cahayanya sendiri tapi bisa memantulkan cahaya yang diterimanya.

Adanya lampu atau penerangan bisa memungkinkan kita melihat benda atau lingkungan sekitar kita meskipun dalam gelap malam.

Bumi memiliki atmosfer berisi udara yang terdiri dari berbagai jenis partikel-partikel yang ketika disinari oleh matahari atau penerangan bisa terjadi hamburan cahaya yang bisa membuat kita menangkan bentuk hingga warna.

Sedangkan di luar angkasa enggak ada objek yang bisa membuat cahaya bisa terhamburkan karena luar angkasa adalah ruang hampa udara.

Benda langit seperti komet yang bisa kita lihat di malam hari bisa tampak karena benda-benda itu memantulkan cahaya dari matahari.

Selain itu, komet juga terbuat dari partikel-partikel seperti debu, air, dan es, yang bisa memantulkan cahaya sehingga bisa terlihat oleh mata kita.

Teori Paradoks Olber

Baca Juga: Tak Selamanya Bersinar, Bagaimana Cara Bintang di Angkasa Mati?