Find Us On Social Media :

14 Nama Daerah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah dan Ibukotanya

Kalimantan Tengah beribukota di Palangkaraya, merupakan provinsi terbesar kedua di Indonesia setelah Papua.

GridKids.id - Kids, pada artikel pengetahuan umum sebelumnya kamu sudah diajak mengenal nama-nama daerah di Provinsi Kalimantan Barat.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat provinsi di Pulau Kalimantan lainnya yaitu Provinsi Kalimantan Tengah yang beribukota di Palangkaraya yang berarti tempat suci, mulia, dan besar.

Tahukah kamu bahwa Provinsi Kalimantan Tengah adalah provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua?

Hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ditetapkan pada 23 Mei 1957 dan punya semboyan Isen Mulang yang berarti pantang mundur.

Provinsi Kalimantan Tengah punya 11 sungai besar dan kurang lebih 33 anak sungai, dengan Sungai Barito sebagai sungai terpanjang di Provinsi ini dengan panjang hingga 900 km dan 700 km-nya bisa dilayari untuk mobilisasi penduduk.

Kalimantan Tengah berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, juga dengan Laut Jawa.

Suku Dayak adalah nenek moyang orang Kalimantan Tengah yang memiliki situs pemukiman atau hunian kuno dengan benteng pertahanan yang terbuat dari kayu, juga areal perkampungan Dayak.

Bahasa Dayak menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah dan dominan dipergunakan oleh Suku Dayak yang mendiami wilayah ini.

Selain itu, masyarakat juga menggunakan bahasa Banjar sebagai bahasa sehari-hari yang terbagi jadi dua dialek yaitu Banjar Kuala dan Banjar Hulu.

Bahasa Banjar banyak memeroleh pengaruh dair bahasa Melayu, Jawa, dan bahasa-bahasa lokal Dayak.

Kalimantan Tengah terbagi atas tiga bagian yang membentang dari Barat ke Timur dan Utara ke Selatan, dengan daerah pantai atau rawa-rawanya punya ketinggian 0-50 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Mengenal Budaya Kalimantan Tengah, Cerita Sabtu Pagi: Anak Seribu Pulau Belajar dari Rumah TVRI 17 Mei 2020