Find Us On Social Media :

Mengenal Jenis-jenis Senyawa Antioksidan dan Contoh Ragam Asupannya

Buah beri adalah salah satu contoh buah yang kaya kandungan senyawa antioksidan.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu mengonsumsi makanan yang kaya senyawa antioksidan bisa membantu tubuh melawan risiko penyakit?

Senyawa antioksidan berperan melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang dihasilkan tubuh secara alami sisa dari proses metabolismenya.

Sekarang kita bahas jenis-jenis senyawa antioksidan dan contohnya, yuk!

Kadar radikal bebas dalam tubuh bisa meningkat jika tubuhmu sering terpapar radiasi atau zat beracun karena berbagai polusi di sekitarmu, seperti asap kendaraan, asap rokok, limbah pabrik, hingga beragam makanan olahan yang memiliki kandungan pengawet di dalamnya.

Kadar radikal bebas yang tinggi dalam tubuh bisa memicu kerusakan sel-sel tubuh dan menimbulkan beragam jenis penyakit misalnya diabetes, katarak, penyakit jantung, hingga risiko kanker.

Salah satu cara untuk mengatasi kadar radikal bebas dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai asupan yang kaya kandungan senyawa antioksidan.

Dilansir dari alodokter.com, berikut adalah jenis-jenis senyawa antioksidan yang baik dikonsumsi untuk memerangi kadar radikal bebas dalam tubuh, di antaranya:

Jenis-Jenis Senyawa Antioksidan dan Ragam Asupan Makanannya

1. Flavonoid

Flavonoid merupakan zat kimiawi yang banyak ditemukan pada buah-buahan, sayur-mayur, dan akar tumbuhan.

Flavonoid bisa membantu menangkal efek radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Baca Juga: Penelitian Terbaru Sebut Buah Cranberry Baik untuk Daya Ingat, Begini Detailnya