Find Us On Social Media :

Nilai-Nilai Demokrasi yang Bisa Dipelajari oleh Anak-Anak di Sekolah

Nilai-nilai demokrasi bisa diajarkan pada anak-anak sejak dini, dimulai dari lingkungan rumah dan sekolah.

GridKids.id - Kids, salah satu perwujudan demokrasi yang nyata dan bisa kita sebutkan adalah partisipasi politik dalam pemilihan umum (pemilu).

Namun, pada kenyataannya pelaksanaan demokrasi yang terjadi kadang masih diwarnai berbagai pelanggaran dan penyimpangan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan.

Mendekati tahun pemilu pada 2024 mendatang, saat ini bisa jadi waktu yang tepat untuk kita sama-sama belajar tentang nilai-nilai demokrasi, nih, Kids.

Demokrasi bisa dilihat secara sederhana sebagai bentuk merdeka, namun tetap saling menghormati kemerdekaan satu sama lain.

Lalu, apa saja nilai-nilai demokrasi yang baik dan bisa dipelajari oleh anak-anak? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Nilai-Nilai Demokrasi yang Bisa Dipelajari oleh Anak-Anak

1. Bebas tapi Bertanggung Jawab

Demokrasi akan mengajarkan kamu tentang pilihan dan kesempatan yang sama dalam mengungkapkan pendapat.

Berbeda pandangan adalah hal yang wajar, tiap orang punya pendapat dan cara pandang berbeda dalam melihat atau menilai suatu hal.

Nilai ini bisa diperkenalkan sejak dini, anak-anak bisa diminta menyampaikan pendapat dan menjelaskan perasaan mereka pada orang lain.

Namun, untuk bisa mendorong anak-anak merasa bebas untuk menyuarakan pendapatnya, lingkungan sekitar harus terasa aman dan mendukung mereka.

Baca Juga: 10 Contoh Perilaku Sehari-Hari yang Menegakkan Nilai-Nilai Demokrasi