Find Us On Social Media :

3 Pengaruh Globalisasi bagi Gaya dan Pandangan Hidup Masyarakat

Globalisasi mendorong masyarakat jadi gandrung dengan berbagai kemudahan teknologi, memunculkan kebiasaan konsumtif dan hedonisme.

GridKids.id - Perkembangan teknologi dan kemudahan dalam melakukan transaksi ekonomi di era modern seperti saat ini dipengaruhi oleh arus globalisasi.

Globalisasi membawa berbagai pengaruh baru dalam kehidupan masyarakat dunia, dan proses ini akan terjadi tanpa bisa dibendung dan dihindari.

Perkembangan teknologi yang semakin memudahkan manusia dalam memproses berbagai pekerjaan hingga informasi berdampak pada perkembangan budaya bersikap dan pandangan hidup masyarakat.

Ketika banyak hal terlalu mudah, individu mungkin akan mengembangkan pola pikir yang acuh tak acuh pada nilai atau etika tata krama yang berlaku dalam masyarakat.

Masyarakat tumbuh menjadi  pribadi individualis tanpa perasaan terikat dengan komunitasnya sendiri, merasa terasing tanpa interaksi sosial karena segala hal telah dicukupkan dengan berbagai kemajuan teknologi atau perangkat komunikasi.

Segala cara konvensional dalam memenuhi kebutuhan hidup misalnya berbelanja, kini bisa dilakukan dengan cara yang super praktis tanpa harus keluar rumah.

Hal ini ditambah lagi dengan situasi pandemi global yang pada awal-awal kasusnya menyebabkan kasus penularan yang sangat masif, sehingga mendorong pemerintah menghimbau masyarakat tetap di rumah.

Berbagai pembatasan selama pandemi menciptakan berbagai inovasi dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dalam transaksi ekonomi dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Banyak sekali penyesuaian kehidupan pandemi yang merubah gaya dan pola hidup masyarakat masa kini di seluruh dunia, khususnya untuk mengurangi risiko penularan virus ke lebih banyak orang.

Globalisasi di tengah situasi pandemi dunia membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat masa kini dan hal tersebut sangat kentara kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Lalu, apakah pengaruh dan perubahan yang terjadi akibat pengaruh globalisasi pada gaya hidup masyarakat saat ini?

Baca Juga: 6 Pengaruh Terjadinya Globalisasi bagi Kehidupan Para Remaja