Find Us On Social Media :

Mengenal Deforestasi dan Penyebabnya, IPAS Kelas 5 SD Tema 8

Kelestarian hutan yang asri dan bermanfaat bagi kehidupan akan terganggu dengan makin berkurangnya lahan atau kawasan hutan.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Tema 8, yaitu Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Pada buku materi IPAS Kelas 5 SD Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 232-233 terdapat teks Belajar Lebih Lanjut berjudul 'Deforestasi'.

Deforestasi bisa disebut sebagai penggundulan hutan, atau pohon ditebang secara besar-besaran untuk diambil kayunya.

Deforestasi juga bertujuan untuk membuka lahan tanpa izin untuk lahan pertanian dan perkebunan.

Deforestasi menghancurkan banyak pepohonan di hutan, padahal pohon-pohon di hutan berfungsi sebagai penghasil utama oksigen untuk Bumi dan manusia supaya bisa bernapas.

Pohon bisa menjaga dan menyeimbangkan jumlah oksigen dan karbon dioksida di udara, sehingga ketika hutan makin gundul akan mengurangi oksigen di udara.

Hutan punya peran untuk melindungi dan menyimpan sumber air dan bisa menjaga juga memurnikan air secara alami.

Hutan bisa mencegah terjadinya banjir ketika hujan, sumber air akan menjadi sulit didapatkan dan rawan menyebabkan banjir ketika mulai masuk musim hujan.

Selain bisa memicu bencana alam ketika perubahan musim, deforestasi juga bisa jadi salah satu ancaman habitat tumbuhan dan binatang yang tumbuh dan berkembang di dalamnya.

Ketika pohon mulai ditebangi, binatang akan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan yang diperlukan mereka untuk bertahan hidup.

Tanpa makanan dan tempat tinggal, akan sangat sulit binatang enggak bisa tetap bertahan hidup.

Baca Juga: SDA Hutan di Indonesia dan Pemanfaatannya, IPS Kelas 7 SMP Tema 3