Find Us On Social Media :

Mari Mencari Tahu: Simulasi Gempa Bumi, IPAS Kelas 5 SD Tema 8

Gempa bumi dengan getaran gempa yang sangat kuat bisa menyebabkan kerusakan di daratan, seperti patahan hingga longsor.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD Tema 8 yaitu Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Pada buku materi IPAS Kelas 5 SD Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 217 terdapat corner Mari Mencari Tahu tentang simulasi gempa bumi.

Dilansir dari www.esdm.go.id, gempa bumi merupakan guncangan di bumi yang terjadi akibat adanya tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif akibat aktivitas gunung api atau runtuhan bantuan.

Lempang samudera yang rapat memiliki massa yang lebih besar ketika terjadi tumbukkan dengan lempeng benua di zona tumbukan (subduksi) yang akan menyusup ke bawah.

Gerakan lempeng itu akan makin melambat karena gesekan dari selubung bumi, dan pergerakan itu akan menyebabkan penumpukkan energi di zona subduksi dan zona patahan.

Situasi ini akan berdampak pada tekanan, tarikan, juga pergeseran di zona-zona tersebut, yang ketika batas elastisitas lempeng terlampaui, akan terjadi patahan batuan yang diikuti oleh lepasnya energi secara tiba-tiba.

Getaran partikel ini akan tersebar ke segala arah dan dikenali sebagai gelombang atau getaran gempa bumi.

Indonesia adalah negara yang terletak di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Lempeng Eurasia dan Australia bertumbukkan di lepas pantai barat Pulau Sumatera, lepas pantai selatan Pulau Jawa, lepas pantai Selatan kepulauan Nusa Tenggara, dan berbelok ke arah utara ke arah perairan Maluku Selatan.

Sedangkan antara lempeng Australia dan Pasifik akan terjadi tumbukkan di sekitar Pulau Papua, pertemuan dari ketiganya terjadi di sekitar Pulau Sulawesi yang membuatnya jadi rawan gempa bumi.

Lalu, seperti apakah dampak yang bisa disebabkan oleh kekuatan atau getaran gempa bumi? Yuk, simak uraian lebih lanjutnya berikut ini.

Baca Juga: Bencana Alam Gempa Bumi : Penyebab, Jenis dan Dampaknya