Find Us On Social Media :

7 Orang yang Berisiko Terkena Pneumonia, dari Bayi Hingga Lansia

Pneumonia bisa dialami oleh berbagai usia, mulai dari bayi hingga lansia.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa ada orang yang berisiko terkena pneumonia?

Pneumonia adalah sebuah gangguan kesehatan yang umum dikenal sebagai paru-paru basah di Indonesia.

Pneumonia terjadi akibat ada bakteri, virus, hingga jamur masuk dan menyebabkan saluran pernapasan jadi terinfeksi yang memicu imunitas tubuh merespon sehingga menyebabkan radang pada alveoli terisi cairan hingga nanah.

Pneumonia enggak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, tapi bisa juga dialami oleh anak-anak hingga bayi yang baru lahir.

Pnemonia bisa dipicu oleh masuknya zat tertentu dalam paru-paru lewat saluran pernapasan yang selanjutnya menyebabkan infeksi dan peradangan.

Selain itu, pneumonia bisa disebabkan oleh sumbatan pada saluran pernapasan karena adanya tumor atau penyakit paru obstruksi kronis (PPOK) yang menyebabkan berkembangnya bakteri dalam paru-paru seseorang.

Penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus dan bakteri merupakan penyakit menular.

Penyakit ini dapat ditularkan ke orang lain ketika dihirup lewat tetesan udara dari droplets yang disebabkan oleh bersin dan batuk.

Inilah kenapa orang yang mengalami gangguan ini harus menghindari keluarnya cairan dari mulutnya dengan cara menggunakan masker.

Pneumonia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun berdasar organisme dan lokasi penyebarannya, pneumonia terbagi jadi dua.

Kedua hal tersebut yaitu pneumonia komunitas yang tersebar di komunitas dan pneumonia yang ditularkan di rumah sakit.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Menyebabkan Paru-Paru Basah, Segera Hindari!