Find Us On Social Media :

Belajar Lebih Lanjut: Dampak Pengambilan SDA dan Upaya Pelestariannya, IPA Kelas 5 SD Tema 6

Ilustrasi kawasan hutan yang gundul dan kering bisa menyebabkan berbagai bencana alam dan ketidakseimbangan ekosistem.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini akan melanjutkan materi IPA Kelas 5 SD tema 6 yaitu Indonesia Kaya Raya.

Dalam buku materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 5 SD Tema 6 tentang Belajar Lebih Lanjut yaitu dampak pengambilan Sumber Daya Alam (SDA) dan upaya pelestariannya.

Indonesia dikenal memiliki banyak sekali sumber daya alam yang perlu dilestarikan supaya aman dari ancaman kepunahan dan kerusakan ekosistem.

Berikut adalah beberapa dampak dari pengambilan sumber daya alam dan cara untuk melestarikannya, di antaranya:

Dampak Pengambilan SDA dan Upaya Pelestariannya

1. Banyaknya Hutan Gundul

Hutan yang gundul terjadi karena ada penebangan secara besar-besaran untuk keperluan pembukaan lahan perkebunan hingga area pemukiman.

Inilah yang menyebabkan daerah resapan air hujan sehingga memicu berbagai dampak lingkungan, di antaranya:

a. Banjir: akar tumbuhan bisa menyerap air hujan yang jatuh ke bumi, jika hutan gundul, air hujan enggak bisa diserap dan mengalirkannya ke berbagai tempat yang bisa memicu terjadinya banjir.

b. Tanah Longsor: Hutan yang gundul membuat air hujan langsung jatuh ke tanah tanpa terhalang pepohonan terlebih dahulu.

Air itu enggak bisa diserap lagi oleh akar pohon jika hutan sudah gundul, kondisi tanah yang rusak bisa menyebabkan tanah longsor.

Baca Juga: Tanah Longsor: Pengertian, Faktor Penyebab, dan Jenis-Jenisnya