Find Us On Social Media :

Jelajah Kata Teks Bacaan: Batik Besurek, Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 7

Contoh motif batik besurek khas provinsi Bengkulu.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 7 yaitu Asal-Usul.

Pada buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 7 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 172-173 terdapat teks bacaan berjudul "Batik Besurek".

Batik besurek merupakan kain tradisional khas dari Provinsi Bengkulu yang tak bisa sembarangan digunakan.

Kata besurek berarti bersurat yang diucapkan dalam dialek asli Bengkulu yang motifnya mirip kaligrafi huruf arab gundul yang jadi potongan ayat suci Al-Qur'an.

Jenis batik ini menunjukkan pengaruh kebudayaan Islam yang besar pada bidang seni budaya di Bengkulu.

Beberapa ahli memperkirakan batik besurek sudah dikenal sejak abad ke-16 hingga abad-17, seiring datangnya para pedagang Arab yang datang dari India (Gujarat) yang beragama Islam.

Sebagian ahli juga meyakini bahwa batik besurek diperkenalkan oleh kalangan saudagar dan seniman batik dari Demak, Jawa Tengah.

Pendapat lain meyakini bahwa masyarakat Bengkulu mengenal metode batik yang dibawa oleh hijrahnya panglima perang Pangeran Diponegoro, yaitu Sentot Ali Basyah ke Bengkulu.

Sentot Ali Basyah hijrah ditemani oleh anak-anak buah dan keluarganya setelah diasingkan oleh Belanda dari Jawa ke Bengkulu.

Ketika itu masyarakat percaya bahwa rombongan dari Jawa itulah yang pertama kali mengenakan kain batik dengan motif surat ini.

Selanjutnya kamu diminta untuk menuliskan daftar kata yang belum kamu ketahui dan mencari sendiri arti atau pengertiannya. Yuk, simak daftar kata-katanya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Jelajah Kata Teks Bacaan: Nenek Moyang Kita, Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 6