Find Us On Social Media :

Sejarah Kota Lama Semarang, Pusat Perdagangan Tempo Dulu yang Dijuluki Little Netherlands

Kawasan Kota Lama Semarang dulunya dikenal dengan sebutan oudstadt atau kota lama dan juga Little Netherlands karena kemiripan struktur kotanya dengan kota-kota di Belanda.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang sejarah Braga di Bandung.

Nah, kali ini GridKids akan kembali mengajakmu mengenal sudut kota peninggalan masa Hindia Belanda lainnya, yaitu kawasan kota lama Semarang.

Jika Bragaweg atau Jalan Braga dikenal dengan sebutan Parijs van Java, maka kawasan kota lama Semarang dikenal dengan sebutan Little Netherlands.

Kawasan kota lama semarang beralamat di Jl. Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jl. Letjen Suprapto adalah jalan utamanya yang dulunya dikenal dengan sebutan Heeren Straat.

Dulunya kawasan Kota Lama Semarang sering disebut dengan sebutan Outstadt, yang di kawasan wilayahnya banyak terdapat jalan-jalan yang fungsinya untuk efisiensi jalur perhubungan antara tiga pintu gerbang keluar masuknya.

Ada sekitar 50 bangunan kuno yang berada di kawasan Kota Lama Semarang yang memiliki luas total sekitar 31 hektar.

Dari puluhan bangunan kuno itu banyak yang kini dialihfungsikan jadi berbagai fasilitas umum, bank, hingga restoran-restoran.

Gedung Balai Kota pada masa Hindia Belanda kini difungsikan sebagai gedung keuangan PAPAK, sedangkan gedung Societeit De Harmonie kini dimanfaatkan sebagai Bank Mandiri KC Mpu Tantular.

Salah satu ikon Kota Lama Semarang yaitu Gereja Blenduk atau GPIB Immanuel Semarang hingga kini masih difungsikan sebagai tempat ibadah.

Sedangkan Jembatan Mberok yang dibangun sejak abad-17 sampai saat ini masih difungsikan untuk lalu lalang transportasi di sekitar kawasan Kota Lama Semarang.

Lalu, seperti apakah awal mula perkembangan Kota Lama Semarang sebagai pusat pemerintahan dan pusat perdagangan kala itu?

Baca Juga: Sejarah Kota Tua Jakarta , Pernah Hancur dan Dibangun Lagi pada Masa Kolonial