Find Us On Social Media :

3 Aspek Penting Dongeng dalam Perkembangan Moral Anak, Apa Saja? #MendongenguntukCerdas

Dongeng adalah dunia yang menarik dan menghidupkan imajinasi anak-anak.

GridKids.id - Halo, Kids, kembali lagi di corner #mendongenguntukcerdas bersama GridKids.

Kali ini kamu akan diajak untuk mengenal kaitan dongeng dengan moralitas anak.

Dalam buku Keajaiban Dongeng: Memahami, Memilih, dan Menyajikan Dongeng Berkualitas untuk Perkembangan Moral Anak karya Heru Kurniawan dijelaskan tentang hal tersebut.

Moralitas merupakan kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukkan bahwa perbuatan itu bernilai salah atau benar, hingga baik atau buruk.

Dongeng yang sering menemani waktu bersantai dan waktu sebelum tidurmu merupakan dunia yang dirancang dalam deretan kata-kata.

Kehidupan imajinasi itu digambarkan dengan rangkaian kata yang saling berkaitan dari kalimat pertama hingga kalimat akhirnya.

Dongeng berisikan tentang cerita dan kisah-kisah menakjubkan tentang dunia binatang (fabel), kisah tentang puteri dan pangeran, kehidupan kerajaan, peri, benda-benda bertuah, hingga keberadaan sosok raksasa yang sakti.

Jika bagi orang dewasa dongeng adalah kumpulan khayalan yang membuai, bagi anak-anak dongeng adalah dunia yang menyenangkan.

Dalam dongeng bisa terjadi hal-hal ajaib yang enggak selalu bisa mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi anak-anak dunia dalam dongeng adalah tempat menyenangkan untuk menyaksikan berbagai hal-hal tak biasa, melihat kebaikan yang mengalahkan kejahatan, hingga hal-hal ajaib yang mengikuti kebaikan tokoh protagonis dalam cerita.

Bagi anak-anak, hampir semua elemen dalam dongeng dirasa sah dan logis karena anak-anak menyukai apa yang mereka baca, lihat, dan dengar di dalamnya.

Baca Juga: 6 Teori Menarik Tentang Keberadaan Sosok Peri dalam Dongeng #MendongenguntukCerdas