Find Us On Social Media :

Benarkah Meminta Maaf Penting untuk Jaga Kesehatan Mental dan Fisik?

Kebiasaan meminta maaf ketika berbuat salah ternyata bisa berdampak baik untuk kesehatan mental dan fisik. Kenapa bisa begitu?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu berselisih dengan saudara atau teman mainmu?

Enggak ada manusia yang bebas dari kesalahan terhadap diri sendiri atau pada orang lain.

Ketika kamu menyadari kesalahan yang kamu perbuat kamu disarankan untuk mengucapkan atau meminta maaf supaya situasi kembali rukun dan tanpa konflik berarti.

Meski kadang ada beberapa orang yang kesulitan untuk mengucapkan kata maaf karena banyak alasan.

Misalnya karena takut permintaan maafnya ditolak atau dianggap lemah oleh orang lain.

Padahal meminta maaf punya banyak manfaat untuk kondisi kesehatan baik mental maupun fisikmu.

Ketika seseorang berbuat salah pada orang lain dan menyadarinya, pasti ada perasaan bersalah yang mungkin bisa saja mengganggu dan menimbulkan rasa enggak nyaman.

Begitupun juga bagi orang yang kamu ada salah kepadanya, pasti ada perasaan merasa enggak adil dan ingin memberitahumu bagaimana perasaannya.

Meski dalam praktiknya, banyak juga orang enggak bisa secara jelas mengatakan padamu bahwa kamu membuat mereka merasa tak nyaman atau bahkan tersakiti.

Jika kamu meminta maaf dengan tulus, kamu bisa merasa lega dan membantu dirimu untuk terhindar dari berbuat tak adil pada orang lain dan memperbaiki dirimu supaya lebih baik dari sebelumnya.

Meminta maaf lebih dulu bukanlah tanda seseorang lemah, namun itu bisa jadi tanda sikap besar hati karena mengakui kesalan diri sendiri.

Baca Juga: Tak Hanya Jaga Hubungan Baik, Simak Manfaat Saling Memaafkan untuk Kesehatan