Find Us On Social Media :

Norma Kesopanan: Ciri dan Contoh Perilaku dalam Kehidupan Sehari-hari

Norma kesopanan berkaitan erat dengan etika dan sopan santun dalam interaksi sosial setiap harinya.

GridKids.id - Norma kesopanan merupakan salah satu nilai norma sosial yang selalu jadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Nilai-nilai kesopanan selalu melekat dalam kehidupan masyarakat, menunjukkan mana yang termasuk sopan dan mana yang jauh dari itu.

Meski tentunya dalam kehidupan selalu ada sudut pandang berbeda dalam menyikapinya, norma kesopanan tetap berguna untuk menjaga masyarakat berada dalam koridor atau ruang aman ketika saling berinteraksi.

Norma kesopanan bisa didefinisikan sebagai seperangkat peraturan yang jadi pedoman berlakunya sebuah tindakan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Pemberlakuan norma kesopanan bertujuan agar seseorang individu atau kelompok mendapat pandangan baik sesuai harapan, sesuai aturan, dan mendapat penghormatan.

Nilai-nilai yang digunakan dalam sebuah norma kesopanan merupakan bentuk rangkaian peraturan yang sumbernya berasal dari unsur kebudayaan masyarakat, aturan adat istiadat, hingga tradisi yang berkembang dalam wilayahnya.

Nilai-nilai itu diajarkan melalui lembaga sosial seperti keluarga, sekolah, hingga lingkungan sekitar seorang individu maupun kelompok.

Norma kesopanan erat kaitannya dengan etika maupun sopan santun dan bersifat relatif tergantung tempat, wilayah, hingga lingkungan sosialnya.

Sama seperti norma lainnya, keberadaan norma kesopanan bertujuan mewujudkan sebuah keteraturan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Tanpa norma kesopanan, risiko terjadi perselisihan dan pertikaian antar anggota masyarakat dalam sebuah kelembagaan sosial.

Lalu, apa sajakajah ciri-ciri norma kesopanan dan contoh perilakunya? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 9 Contoh Penerapan Norma Sosial dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari